19 September 2019 09:31:36
Ditulis oleh Sekdes Sugihan

Musdes Penjaringan Aspirasi Masyarakat dan Pembentukan Tim RPJM Desa Sugihan

sugihan-jatirogo.desa.id – Sesuai undangan yang disebarkan di masyarakat, bahwa pada hari Rabu (18/09) akan dilaksanakan Musyawarah Desa (Musdes) untuk penjaringan aspirasi masyarakat sekaligus pembentukan tim Rencana Pembangunan Jangka Menengah Desa (RPJMDes) Sugihan. Aspirasi dari masyarakat ini nantinya akan ditampung dan digodok oleh tim RPJMDesa untuk disusun dan disesuaikan dengan visi misi Kepala Desa selama menjabat 6 tahun kedepan.

Sekitar pukul 19.30 acara dibuka oleh pembawa acara dan dilanjutkan dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya. Acara kemudian dilanjutkan dengan sambutan-sambutan, sebagai tuan rumah, Kepala Desa Sugihan menyampaikan sambutan pertama kali. Beliau memaparkan bahwa tujuan Musdes malam ini adalah menjaring aspirasi masyarakat untuk membantu Kepala Desa dalam membangun Desa 6 tahun kedepan. Bapak Basuki juga menyampaikan beberapa point penting, antara lain :

  1. Rencana Perubahan APBDes Sugihan tahun 2019
  2. Rencana reorganisasi beberapa Lembaga Desa karena telah habis masa jabatan
  3. Pemberitahuan bahwa akan ada lowongan perangkat pada bulan Februari 2020 (Kepala Dusun Krajan dan Kepala Dusun Purwosari)

Sambutan kedua disampaikan oleh Babinkamtibmas Desa Sugihan, Suhardi menegaskan bahwa kedatangan Babinkamtibmas di musdes ini dalam rangka ingin memberikan rasa aman kepada seluruh hadirin pada rapat malam ini. Harapan dari Babinkamtibmas ini semoga RPJM Desa Sugihan untuk 6 tahun kedepan bisa membangun Desa Sugihan secara menyeluruh baik dari segi infrastruktur maupun pemberdayaan masyarakat. “Hilangkan ego masing-masing demi kelancaran pembangunan Desa”, pungkas Suhardi.

Sambutan terakhir oleh ketua BPD sekaligus sebagai moderator jalannya Musyawarah Desa. Lutfi Nurcahyo menyampaikan, agar tercipta Pemerintahan yang harmonis, BPD berharap seluruh elemen yang terlibat dalam Pemdes Sugihan lebih memegang teguh amanah, aktif, open dan tanggap dengan Desa Sugihan. Tujuannya tak lain adalah agar kedepan bersama Kepala Desa baru kita semua dapat mewujudkan Desa Sugihan lebih transparan dan maju dalam segala bidang. Ketua BPD berharap seluruh elemen turut membantu dan memberi sumbangsih berupa usulan-usulan agar pembangunan Desa Sugihan tepat sasaran. Beliau juga berharap agar seluruh hadirin dapat mengawasi dan mengawal jalannya Pemerintahan agar harapan seluruh warga Sugihan dapat terwujud.

Sebagai moderator, ketua BPD menegaskan kepada hadirin apakah seluruh aspirasi sudah ditulis dan dituangkan dalam lembar aspirasi atau belum. Jika belum atau ada tambahan usul diperkenankan menyampaikan kembali dalam forum. Seluruh aspirasi yang dikumpulkan pada malam ini nantinya akan digodok oleh tim RPJM Desa Sugihan untuk dimasukkan dalam Rencana Pembangunan Kepala Desa selama 6 tahun mendatang. Pada musdes malam ini juga sekaligus pembentukan Tim RPJM Desa Sugihan, tim yang terpilih atas kesepakatan hadirin antara lain :

  • Pembina : Basuki (Kepala Desa Sugihan)
  • Ketua : Ianatul Wahdah (Sekretaris Desa Sugihan)
  • Sekretaris : Nurhadi (LPMD)
  • Anggota :
  • Sulistiyono (Kaur Perencanaan)
  • Lilik Afifi (Koord. Keagamaan)
  • Nuridho (Koord. Pendidikan)
  • Arif Zulzaini (Perwakilan Pemuda)
  • Imam Mudin (KPMD)
  • Siti Aisah (Kader Posyandu)

Tim RPJM yang sudah disetujui dan ditetapkan ini kemudian akan diberikan SK dari Kepala Desa dan menjalankan tugasnya sebagai tim penyusun RPJM Desa Sugihan (ink/sgh).



Kategori

Bagikan :

comments powered by Disqus