07 Agustus 2019 11:18:52
Ditulis oleh Sekdes Sugihan

Sosialisasi Pelayanan Deteksi Dini Kanker Serviks di Desa Sugihan

sugihan-jatirogo.desa.id –  Pada hari Rabu (07/08/2019) Puskesmas Jatirogo mengadakan sosialisasi terkait pelayanan dan pemeriksaan IVA di Desa Sugihan. Acara tersebut dihadiri oleh Pemerintah Desa Sugihan, Bidan Desa Sugihan, 2 orang perwakilan dari Puskesmas Jatirogo, seluruh kader Posyandu di Desa Sugihan dan beberapa undangan dari masyarakat dengan kategori PUS (Pasangan Usia Subur).

Acara dibuka oleh Bidan Desa Sugihan dan kemudian dilanjutkan dengan sambutan dari Kepala Desa Sugihan. Di dalam sambutannya Bapak Kepala Desa yang diwakili oleh Sekretaris Desa Sugihan, mengapresiasi pihak Puskesmas Jatirogo karena telah memberi pengetahuan kepada masyarakat mengenai cara untuk deteksi dini penyakit yang berkaitan dengan organ serviks. Harapannya semoga acara ini dapat bermanfaat untuk semua orang  dan masyarakat antusias dengan program ini. Materi inti kemudian disampaikan langsung oleh Bu Sri Puji Rahayu, Amd.Keb selaku Programmer PMK (Penyakit Tidak Menular) dari Puskesmas Jatirogo.

Apa itu IVA? IVA merupakan inspeksi visual dengan menggunakan asam asetat atau yang lebih awam dikenal masyarakat dengan sebutan cuka makan. Tujuan dari pemeriksaan ini adalah untuk deteksi dini dan megetahui berbagai kelainan yang terjadi pada leher rahim. Pemeriksaan ini merupakan pemeriksaan leher rahim (serviks) dengan cara mengoles/memulas leher rahim dengan kapas yang sudah ditetesi dengan larutan asam asetat 3-5%. “Perbandingan larutan cuka dan air adalah perbandingan 1 : 9, missal cuka 1 cc berarti air 9 cc”, jelas Bu Sri Puji Rahayu.

Keuntungan pemeriksaan IVA ini adalah mudah, praktis, dan murah. Alat yang digunakan juga cukup sederhana serta memberikan hasil yang segera, sehingga dapat diambil keputusan mengenai tindak lanjut semisal ada masalah. Pihak Puskesmas Jatirogo menawarkan untuk seluruh warga Sugihan yang memenuhi syarat untuk melakukan pemeriksaan ini secara bersama-sama. Syarat peserta/ warga yang dimaksud ini antara lain, 

  • Sudah pernah melakukan hubungan seksual
  • Tidak sedang haid
  • Tidak sedang hamil
  • 24 jam sebelumnya tidak melakukan hubungan seksual

Pemateri kemudian juga menyampaikan bagaimana prosedur pemeriksaan, kategori IVA yaitu mengenai tanda-tanda setelah dilakukan pemeriksaan dan tindak lanjutnya. Selain itu pemateri juga memberi pengetahuan kepada hadirin tentang kanker serviks yang meliputi penyebabnya, gejala, cara pencegahan dan pemeriksaan dengan Pap Smear.

Harapannya setelah mengikuti sosialisasi ini, seluruh kader Desa Sugihan, Pemdes Sugihan, dan beberapa masyarakat yang hadir dapat mengajak seluruh warga untuk mengikuti pemeriksaan IVA di puskesmas Jatirogo ini. Mengingat pelayanan ini sangat penting karena bermanfaat sekali untuk deteksi dini penyakit yang berkaitan dengan organ serviks (ink/sgh).



image
Gambar Tambahan 1 Lihat Gambar
image
Gambar Tambahan 2 Lihat Gambar
Kategori

Bagikan :

comments powered by Disqus