23 Juli 2019 09:22:01
Ditulis oleh Admin

Pelatihan Menjahit Wujud Pemberdayaan Perempuan di Desa Sugihan

sugihan-jatirogo.desa.id – Sebanyak 25 orang di Desa Sugihan yang merupakan perwakilan dari seluruh Rukun Warga (RW) di Desa Sugihan, beberapa ibu PKK dan Dharma Wanita Desa Sugihan, serta beberapa peserta terpilih lainnya mengikuti Pelatihan Menjahit yang diadakan oleh Pemerintah Desa Sugihan. Program ini ditangani langsung oleh pengurus Tim Penggerak PKK Desa Sugihan. Pelatihan tersebut diadakan di kediaman Bapak Kepala Desa Sugihan selama 20 hari mulai dari tanggal 22 Juli hingga 13 Agustus 2019.

Acara pembukaan kursus menjahit di Desa Sugihan dibuka langsung oleh Bapak Camat Jatirogo. Bapak Camat sangat mengapresiasi kegiatan ini karena memperhatikan pemberdayaan dan keterampilan kaum perempuan di Desa Sugihan. Pelatihan menjahit ini dianggap sangat efisien karena memiliki manfaat yang berkelanjutan dan memungkinkan untuk menambah income keluarga. Bapak Drs. Moh. Nawawi, MM juga mengapreasi pihak Pemdes Sugihan karena telah mengadakan pelatihan menjahit meski bukan program wajib dari  pihak Kabupaten. “Berbahagialah semua peserta yang terpilih mengikuti program kursus menjahit ini, karena tidak semua orang memiliki kesempatan mengikuti pelatihan ini”, Tutur Drs. Moh. Nawawi, MM. Bapak Camat juga berpesan kepada seluruh peserta untuk mengikuti pelaksanaan pelatihan menjahit ini dengan baik hingga acara selesai.

Bapak Kepala Desa Sugihan juga turut memberikan sambutan dalam pembukaan acara ini, beliau berpesan kepada peserta pelatihan untuk sungguh dalam melakukan pelatihan dan semoga kegiatan tersebut dapat bermanfaat untuk semua. “Semoga program ini dapat berkelanjutan sebagai wujud pemberdayaan perempuan di Desa Sugihan”, pesan Bapak Suharto.

Pelatihan ini dipimpin langsung oleh Pemateri dari Desa Karas Kecamatan Sedan Kabupaten Rembang Ibu Tutik Bahiroh. Bu Tutik begitu sapaan akrabnya merupakan salah satu orang yang telah mengantongi banyak sertifikat menjahit dan memiliki kursus menjahit pribadi di kediaman beliau. Bu Tutik telah banyak melanglang buana di dunia menjahit dan ternyata juga merupakan guru les di beberapa SMA favorit di Kabupaten Rembang.

Setelah pembukaan acara selesai, pada hari itu juga Senin (22 Juli 2019) pelatihan jahit dimulai. Berbagai peralatan wajib dan materi pembelajaran dasar telah dibagikan ke seluruh peserta. Beberapa cuplikan dari materi tersebut antara lain :

  • Cara mengambil ukuran badan
  • Cara membuat pola dasar blouse
  • Cara membuat pola dasar rok
  • Cara membuat pola dasar lengan
  • Cara membuat pola dasar hem/kemeja
  • Cara membuat pola dasar celana wanita
  • Cara membuat pola dasar baju anak
  • Cara membuat pola lengan anak

Materi tersebut telah dikemas secara rapi oleh ibu tutor, yang merupakan sebuah teori dan cara praktek secara langsung. Harapannya semoga acara ini dapat berjalan dengan lancar dan membawa manfaat untuk orang banyak (ink/sgh).



image
Gambar Tambahan 1 Lihat Gambar
image
Gambar Tambahan 2 Lihat Gambar
image
Gambar Tambahan 3 Lihat Gambar
Kategori

Bagikan :

comments powered by Disqus