Artikel

Penyuluhan FDS Sesi 1 oleh Pendamping PKH di Desa Sugihan

26 Agustus 2019 09:19:14  Sekdes Sugihan  343 Kali Dibaca  Berita Desa

sugihan-jatirogo.desa.id – Pendamping Program Keluarga Harapan (PKH) se Kecamatan Jatirogo melaksanakan penyuluhan Family Develompment Session (FDS) kepada seluruh Keluarga Penerima Manfaat (KPM) PKH di Desa Sugihan. Penyuluhan ini merupakan pertemuan sesi pertama dari total 4 kali sesi pertemuan.

Bertempat di Balai Desa Sugihan, senin (26/8) Pendamping PKH melakukan 2 kali penyuluhan pada jam yang berbeda.  Jam ke 1 (13.00 – 14.00 WIB) untuk seluruh KPM PKH Dusun Krajan, dan Jam ke 2 (14.00-15.00 WIB) untuk KPM PKH Dusun Purwosari, Lumutan, dan Karang Anyar. Penyuluhan ini disampaikan secara bergantian oleh Pendamping PKH se Kecamatan Jatirogo: Sukisno, Setiyaningsih, Ririn Reknowati, Roni Andik, dan Tasyhudi.

Penjabaran dari FDS ini tak lain adalah penyuluhan tentang Pengasuhan dan Pendidikan Anak. Penyuluhan ini memiliki tujuan untuk meningkatkan pemahaman orang tua tentang pentingnya menerapkan pola asuh yang baik di rumah dan pentingnya pendidikan untuk kesuksesan anak di masa mendatang.

Pada sesi pertama ini materi yang akan disampaikan adalah Bagaimana menjadi orang tua yang lebih baik. Setelah melakukan pembukaan kemudian pemateri mengajak sharing dengan mengajak peserta untuk menyampaikan hal yang paling membahagiakan dan hal yang paling menyulitkan yang dirasakan selama menjadi orangtua. Pemateri juga menegaskan agar orang tua selalu mengingat hal yang membahagiakan, karena dapat memperkuat kasih sayang orang tua kepada anak. Selain itu pemateri juga menyampaikan kepada peserta bahwa menjadi orang tua yang baik adalah sejalan dengan perkataan dan perbuatan dalam arti harus sejalan dalam menjaga tutur kata dan perilaku, karena anak-anak akan cenderung meniru perbuatan daripada perkataan orangtua.

Berikut adalah resume tentang bagaimana langkah-langkah untuk menjadi orang tua yang baik :

  • Orang tua yang baik memiliki konsep diri yang positif
  • Orang tua yang baik penuh kasih sayang dan tidak melakukan kekerasan
  • Melibatkan ayah dalam pengasuhan sehari-hari
  • Membuat keputusan bersama dan melaksanakan dengan konsisten
  • Menghindari konflik di hadapan anak

Dua pesan utama yang disampaikan dalam materi penyuluhan ini adalah dimana orang tua merupakan panutan bagi anak dan tentang pentingnya kerjasama kedua orang tua dalam mengasuh anak. Sikap negatif dan positif orang tua memiliki pengaruh kuat terhadap anak-anak.

Pemateri juga menanamkan mindset penting ke peserta bahwa status miskin bukan berarti sebuah penghalang untuk mengasuh anak dengan baik. Selain itu, menjadi lebih kompak antara ayah dan ibu dalam bekerja sama mengasuh anak adalah penting.

Tersebut adalah sesi pertama dari materi penyuluhan tentang pengasuhan dan pendidikan anak, untuk sesi kedua hingga ke empat jadwal akan diatur oleh Pendamping PKH lebih lanjut (ink/sgh).

sumber : Modul Pengasuhan dan Pendidikan Anak

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
Isi Pesan
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 


Aparatur Desa

Back Next

Profil Desa Sugihan

Agenda

Statistik Penduduk

Info Media Sosial

Lokasi Kantor Desa


Alamat : Jl. Raya Timur No. 116 Sugihan
Desa : Sugihan
Kecamatan : Jatirogo
Kabupaten : Tuban
Kodepos : 62362
Telepon :
Email : sugihanjatirogo1@gmail.com

Statistik Pengunjung

  • Hari ini:160
    Kemarin:523
    Total Pengunjung:308.273
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:3.238.70.175
    Browser:Tidak ditemukan

Arsip Artikel

26 Agustus 2016 | 58.842 Kali
Sejarah Desa
29 Juli 2013 | 58.841 Kali
Profil Desa
29 Juli 2013 | 58.841 Kali
Kontak Kami
24 Agustus 2016 | 58.841 Kali
Pemerintah Desa
24 Agustus 2016 | 58.841 Kali
Visi dan Misi
26 Agustus 2016 | 58.841 Kali
Wilayah Desa
14 Juni 2019 | 58.840 Kali
BPD