02 September 2019 20:29:13
Ditulis oleh Sekdes Sugihan

Perwakilan Balita Desa Sugihan Raih Juara Harapan 1 Pada Lomba Balita Sehat

sugihan-jatirogo.desa.id – Senin (02/09) merupakan hari terakhir pelaksanaan perlombaan yang diselenggarakan oleh PKK dan Dharma Wanita Kecamatan Jatirogo. Agenda lomba pada hari ini adalah lomba balita sehat dengan kategori balita usia 0-24 bulan.

Acara ini diikuti oleh 15 balita yang merupakan perwakilan dari setiap desa di Kecamatan Jatirogo. Setiap balita rata-rata didampingi oleh ibu dan ayah serta bidan desa setempat. Sebelum acara dimulai terlebih dahulu dilakukan pendataan, pengukuran tinggi badan dan penimbangan berat badan, serta pembagian nomer peserta untuk setiap balita.

Camat Jatirogo turut memberikan sambutan sekaligus membuka acara lomba pada pagi hari ini. Camat Jatirogo mengucapkan terimakasih atas kolaborasi antara PKK Kecamatan maupun seluruh PKK Desa dengan pihak Puskesmas Jatirogo ataupun Puskesmas Kebonharjo dalam pelaksanaan lomba balita sehat ini. Lomba ini sangat penting dilaksanakan, karena tidak bisa dipungkiri kelak para pemimpin bangsa akan lahir dari balita-balita sehat. Mengetahui perkembangan kesehatan dan pertumbuhan balita sejak dini sangatlah penting. Drs. Moh. Nawawi, MM juga berharap agar acara ini dapat didukung terus dan semoga tahun depan dapat ditingkatkan lagi kriteria balita yang dilombakan. “Memang bukan hadiah yang diinginkan, namun mewujudkan balita sehat adalah suatu keinginan dan kepentingan kita bersama”, pungkas Camat Jatirogo. Acara secara resmi dibuka oleh Camat Jatirogo, dan dilanjutkan dengan penilaian lomba balita sehat.

Kriteria lomba balita sehat yang dinilai adalah dari segi gizi, imunisasi dan perkembangan, serta kesehatan gigi. Ada 3 kelompok dewan juri dalam lomba ini, dan peserta secara bergantian menunggu untuk dinilai dewan juri dengan membawa buku Kesehatan Ibu dan Anak (KIA). Kriteria penilaian dewan juri dalam lomba balita sehat ini antara lain :

  1. Penilaian status gizi berdasarkan berat badan menurut tinggi badan
  2. Penilaian status gizi berdasarkan tinggi badan menurut umur
  3. Pemeriksaan status gizi (pengecekan berat badan saat lahir, pemberian kapsul vit.A, pemberian MPASI)
  4. Pemberian ASI
  5. Tanda balita gizi baik (meliputi : cek grafik pertumbuhan di buku KIA, cek postur tubuh, cek bentuk dan kekuatan rambut, cek kulit dan kuku, pengecekan keceriaan wajah, kebeningan mata dan kesegaran bibir, pengecekan nafsu makan balita dan keteraturan BAB, cek gerak atif dan kelancaran bicara sesuai umur, cek keaktifan balita ketika interaksi, dan pengecekan pola makan)
  6. Perkembangan anak (umur 12-18 bulan dalam berjalan dan mengucap 5-10 kata, umur 18-24 bulan dalam menyusun kalimat dengan 2 kata dan mencoret dgn alat tulis)
  7. Status imunisasi (kelengkapan imunisasi)
  8. Kesehatan gigi

Setelah semua peserta dinilai dewan juri dan dilakukan musyawarah antar dewan juri, sekitar pukul 10.30 diumumkan seluruh pemenang dalam lomba balita sehat ini. Pada kesempatan ini wakil balita dari Desa Sugihan Naya Aqila yang merupakan putri dari Ibu Ainur Khoirin Nisa' berhasil meraih Juara Harapan 1 dengan nilai 920. Juara 1 diraih oleh balita Desa Jatiklabang dengan nilai 940, juara 2 balita Desa Karang Tengah dengan nilai 935, dan juara 3 diraih balita Desa Sekaran dengan nilai 925.

Harapannya semoga lomba balita sehat yang merupakan kali pertama di Kecamatan Jatirogo ini merupakan sebuah awal yang baik dan memberikan dampak positif untuk perkembangan seluruh balita di Kecamatan Jatirogo (ink/sgh).



Kategori

Bagikan :

comments powered by Disqus