Artikel

Kegiatan Belajar Mengajar Interaktif di SDN Sugihan 1 dan 3 oleh Mahasiswa KKN UNAIR

08 Januari 2020 10:30:35  Sekdes Sugihan  557 Kali Dibaca  Berita Desa

sugihan-jatirogo.desa.id - Model pembelajaran Interaktif adalah suatu cara atau teknik pembelajaran yang digunakan guru pada saat menyajikan bahan pelajaran dimana guru pemeran utama dalam menciptakan situasi interaktif yang edukatif, yakni interaksi antara guru dengan siswa, siswa dengan siswa dan dengan sumber pembelajaran dalam menunjang tercapainya tujuan belajar. Kegiatan pembelajaran yang kami lakukan kepada siswa/i di SDN sugihan 1 dan 3 yaitu mengajak siswa/i agar lebih mengenal lagi jasa pahlawan dan kondisi geografis di Indonesia. Kegiatan belajar mengajar di SDN Sugihan 1 dilaksanakan pada (06/01/2020) dan di SDN Sugihan 3 pada (08/01/2020). Sasaran untuk pembelajaran interaktif ini kami fokuskan pada kelas 5 dan 6.

Pembelajaran untuk mengenalkan pahlawan dilakukan pada kelas 5 dengan menyusun puzzle yang isinya merupakan gambar pahlawan, sistemnya adalah kelas 5 dibagi menjadi 8 kelompok, diberi waktu selama 15 menit untuk menyusun puzzle setelah itu siswa/i harus mencari tau tentang nama pahlawan, tempat dan tanggal lahir, jenis pahlawan (nasional, proklamator atau daerah) dan jasa pahlawan. Kelompok yang dapat menyusun puzzle dan mengumpulkan informasi lebih cepat akan mendapatkan hadiah. Tujuan pembelajaran ini adalah mengajak sisswa/i bekerjasama dan meningkatkan kepercayaan diri siswa untuk berbicara di depan kelas. Selain itu melatih fokus siswa dan mengajak siswa/i untuk menghargai teman yang sedang berbicara menyampaikan informasi yang didapat.

Pembelajaran untuk kondisi geografis di indonesia dilakukan pada kelas 6, seperti halnya di kelas 5 kami membagi siswa/i menjadi 8 kelompok dengan tiap kelompok terdiri dari 6 anak. Metode pembelajaran ini bertujuan mengajak kerjasama antar siswa dan keaktifan siswa di kelas. Sistemnya adalah kami menampilkan peta Indonesia di depan kelas dengan menggunakan proyektor dan setiap kelompok diberikan atlas. Kami menyiapkan 20 pertanyaan seputar pengetahuan geografis Indonesia, mulai dari provinsi, gunung, daerah yang rawan bencana hingga rumah adat yang ada di tiap daerah. Kelompok yang dapat menjawab pertanyaan dan mengumpulkan point lebih banyak akan menjadi juara dan mendapatkan hadiah. (TIM_KKN_UNAIR_2020)

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 


Aparatur Desa

Back Next

Profil Desa Sugihan

Agenda

Statistik Penduduk

Info Media Sosial

Lokasi Kantor Desa


Alamat : Jl. Raya Timur No. 116 Sugihan
Desa : Sugihan
Kecamatan : Jatirogo
Kabupaten : Tuban
Kodepos : 62362
Telepon :
Email : sugihanjatirogo1@gmail.com

Statistik Pengunjung

  • Hari ini:1.230
    Kemarin:1.291
    Total Pengunjung:784.873
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:3.238.98.39
    Browser:Tidak ditemukan