Artikel

Puskesmas Jatirogo Gelar Sosialisasi Pencegahan Virus Corona Di Desa Sugihan

28 Maret 2020 12:26:19  Admin  1.044 Kali Dibaca  Berita Desa

Sugihan-jatirogo.desa. id – Unit Puskesmas Jatirogo pada hari Jumat (27/03) menggelar sosialisasi pencegahan virus corona di Desa Sugihan. Sosialisasi ini digelar di Pendopo Balai Desa Sugihan dan dihadiri oleh Tim Gugus Tugas penanganan virus corona Desa Sugihan, beberapa staff Puskesmas Jatirogo dan Kepala Puskesmas Jatirogo Dr. Abdullah Khamdi. Pertemuan ini pun hanya dihadiri beberapa orang mengingat himbauan dari Pemerintah untuk tidak mengadakan perkumpulan yang dihadiri banyak orang, tempat duduk pun juga berjarak minimal 1 meter.

Pertama, Dr. Khamdi sangat berterimakasih atas antusiasme seluruh warga dalam mengantisipasi adanya virus corona. Kepala Puskesmas ini memberikan wawasan dan pengertian kepada hadirin terkait pengertian virus corona, darimana virus itu berasal, gejala-gejala yang dialami hingga cara pencegahan virus corona tersebut. Selain itu beliau juga menerangkan beberapa istilah yang berhubungan dengan virus corona yang mungkin beum dipahami oleh orang awam. Istilah tersebut antara lain istilah Orang Dalam Pemantauan (ODP), Pasien Dalam Pengawasan (PDP), Orang Dengan Resiko (ODR), Suspect Corona dan Positif Corona.

Pihak Puskesmas juga mengajak Tim Gugus Tugas untuk bekerjasama dalam mendata setiap ada warga yang pulang dari perantauan, baik dari luar kota, luar pulau, maupun luar daerah yang menjadi zona merah virus corona. Hal ini dilakukan karena untuk mengantisipasi apakah warga tersebut sudah terinfeksi virus ketika di luar kota maupun ketika dalam perjalanan menuju Desa Sugihan. Tim dapat bekerja sama dengan RT setempat atau seluruh kader Desa Sugihan untuk membantu menginformasikan sekaligus mendata setiap warga yang datang sekaligus memberikan arahan agar tetap dirumah selama 14 hari dan tidak kemana-mana. Karena masa inkubasi virus tersebut adalah 14 hari, dan jika timbul gejala menyerupai virus corona harap segera periksa ke Bidan Desa atau Puskesmas Tersekat.

Dr. Khamdi berharap agar materi sosialisasi saat itu nantinya disosialisasikan ke seluruh warga. Selain sosialisasi mungkin perlu dipasang banner banner pemberitahuan agar memberi wawasan dan pengetahuan warga. Dengan begini diharapkan semua orang ikut waspada dan ikut berpartisipasi dalam usaha pemutusan rantai virus corona (ink/sgh).

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 


Aparatur Desa

Back Next

Profil Desa Sugihan

Agenda

Statistik Penduduk

Info Media Sosial

Lokasi Kantor Desa


Alamat : Jl. Raya Timur No. 116 Sugihan
Desa : Sugihan
Kecamatan : Jatirogo
Kabupaten : Tuban
Kodepos : 62362
Telepon :
Email : sugihanjatirogo1@gmail.com

Statistik Pengunjung

  • Hari ini:98
    Kemarin:626
    Total Pengunjung:1.369.895
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:18.226.93.209
    Browser:Tidak ditemukan

Arsip Artikel