Artikel

Sosialisasi Posyandu Remaja Tentang Pernikahan Dini Oleh Mahasiswa KKN UNAIR

19 Januari 2020 09:28:12  Admin  1.254 Kali Dibaca  Berita Desa

sugihan-jatirogo.desa.id - Posyandu Remaja atau Pos Pelayanan Terpadu Remaja adalah sebuah wadah Pos Kesehatan Remaja yang memfasilitasi dalam memahami seluk beluk remaja selama masa puber yang ditujukan kepada siswa dan remaja pada umumnya. Selain itu pos pelayanan terpadu remaja berfungsi juga sebagai sebuah wadah untuk memberi remaja kesempatan berkembang sesuai dengan kebutuhan dan karakteristiknya melalui pendekatan terpadu dari segi medis dan agamis.

Tujuan Posyandu Remaja adalah :

  • Memberikan pengetahuan mengenai kesehatan reproduksi remaja.
  • Memberikan pengetahuan pentingnya pendidikan kesehatan reproduksi dan NAPZA bagi remaja.
  • Menciptakan wadah generasi muda di masing-masing desa atau kelurahan sebagai wadah pembinaan dan memahami pentingnya gaya hidup sehat.

Di Desa Sugihan juga terdapat Posyandu Remaja. Posyandu Remaja ini pertama kali dilaksanakan lagi setelah vakum beberapa tahun. Kegiatan Posyandu Remaja dilaksanakan pada tanggal 19 Januari 2020 di Balai Desa Sugihan. Kegiatan ini diikuti oleh anak-anak berumur 10 tahun hingga remaja tepatnya anak SD sampai SMA. Kami mahasiswa KKN UNAIR-61 berkesempatan untuk mengisi kegiatan posyandu remaja ini yang dihadiri 28 peserta. Kegiatan pertama adalah pembukaan yang dibuka oleh Kader Desa Sugihan, selanjutnya mahasiswa KKN membantu dalam kegiatan mengukur tensi, berat badan, tinggi badan dan lingkar lengan peserta. Ini adalah serangkaian kegiatan yang disiapkan oleh Kader Desa Sugihan. 

Kegiatan selanjutnya adalah pemutaran film pendek yang telah kami siapkan. Pemutaran film pendek ini terkait dengan pernikahan dini. Diharapkan setelah menonoton ini peserta dapat mengetahui apa itu pernikahan dini dan dampak dari pernikahan dini. Setelah pemutaran film pendek, dibentuk kelompok diskusi yang beranggotakan 5 orang. Setiap kelompok didampingi oleh 2 mahasiswa KKN untuk membimbing dan mengarahkan anak-anak dalam menjawab pertanyaan yang telah disiapkan.

Kelompok diskusi berjalan aktif dan mereka juga dapat menjawab pertanyaan. Ini artinya mereka mempunyai pengetahuan yang cukup tentang apa itu pernikahan dini. Kami juga menyiapkan materi yang dapat menambah wawasan luas mereka mengenai pernikahan dini dan dampaknya baik dari segi psikologi dan ekonomi. Semua yang hadir antusias dan aktif bertanya. Kegiatan posyandu ini akan dilaksanakan setiap satu bulan sekali, untuk bulan selanjutnya dilaksanakan pada tanggal 16 Februari 2020 dan diharapkan peserta yang datang lebih banyak dari sebelumnya. (TIM_KKN_UNAIR_2020)

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 


Aparatur Desa

Back Next

Profil Desa Sugihan

Agenda

Statistik Penduduk

Info Media Sosial

Lokasi Kantor Desa


Alamat : Jl. Raya Timur No. 116 Sugihan
Desa : Sugihan
Kecamatan : Jatirogo
Kabupaten : Tuban
Kodepos : 62362
Telepon :
Email : sugihanjatirogo1@gmail.com

Statistik Pengunjung

  • Hari ini:206
    Kemarin:626
    Total Pengunjung:1.370.003
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:3.146.34.191
    Browser:Tidak ditemukan

Arsip Artikel