Artikel

Mengembangkan Pendidikan Kewirausahaan Sejak Dini di SDN Sugihan 1 dan 3 Oleh Mahasiswa KKN UNAIR

09 Januari 2020 10:24:41  Admin  1.126 Kali Dibaca  Berita Desa

sugihan-jatirogo.desa.id - Pendidikan merupakan pintu gerbang generasi penerus bangsa untuk membentuk pribadi yang unggul, baik secara individu maupun kelompok. Kewirausahaan sebagai salah satu alternatif solusi dalam mengembangkan segala potensi bangsa kini dapat diajarkan melalui pembelajaran di sekolah. Pendidikan kewirausahaan ini alangkah baiknya dimulai dari lingkup pendidikan dasar, khususnya di sekolah dasar. Kewirausahaan untuk anak bukan bermaksud untuk mempekerjakan anak, namun menanamkan nilai-nilai kewirausahaan sejak dini.

Untuk mewujudkan hal tersebut, maka mahasiswa KKN BBM Tematik ke-61 Unair melakukan program kerja pembelajaran kewirausahaan di SDN Sugihan 1 & 3. Kegiatan tersebut masing-masing dilakukan pada (07/01/2020) di SDN Sugihan 1 dan pada (09/01/2020) di SDN Sugihan 3. Kegiatan ini mengajarkan keterampilan membuat gantungan kunci dari benang wol untuk siswa/i kelas 5 dan keterampilan  tempat pensil dari stik es krim untuk siswa/i kelas 6. Selain mengajarkan membuat keterampilan, diajarkan pula cara untuk melakukan bisnis kewirausahaan. Dimana pengajaran pengetahuan mengenai kewirausahaan dilakukan dengan memberitahukan tata cara menghitung modal, cara menjual dan cara mengambil profit keuntungan. 

Kegiatan ini disambut dengan antusias oleh para siswa/i, dimana para siswa/i sangat semangat dan berlomba-lomba untuk membuat hasil terbaik, karena pada sesi akhir pembelajaran diberikan penghargaan bagi kelompok siswa/i dengan karya terbaik.  Dimana hal tersebut dapat melatih cara untuk bersaing secara sehat dalam melakukan kegiatan wirausaha. Sehingga dengan adanya kegiatan ini, diharapkan dapat memberikan dan menyalurkan ilmu yang diperoleh mahasiswa di bangku kuliah untuk siswa/i di SDN Sugihan 1 & 3 agar dapat lebih berkembang dan memiliki wawasan yang luas mengenai dunia usaha sejak dini. (TIM_KKN_UNAIR_2020)

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 


Aparatur Desa

Back Next

Profil Desa Sugihan

Agenda

Statistik Penduduk

Info Media Sosial

Lokasi Kantor Desa


Alamat : Jl. Raya Timur No. 116 Sugihan
Desa : Sugihan
Kecamatan : Jatirogo
Kabupaten : Tuban
Kodepos : 62362
Telepon :
Email : sugihanjatirogo1@gmail.com

Statistik Pengunjung

  • Hari ini:61
    Kemarin:728
    Total Pengunjung:1.351.571
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:52.91.84.219
    Browser:Tidak ditemukan

Arsip Artikel