16 September 2019 12:31:02
Ditulis oleh Sekdes Sugihan

Dusun Sumber Sugihan Peringati 1 Muharram dengan Gema Sholawat

sugihan-jatirogo.desa.id – Suasana tahun baru Muharram serasa masih melekat di lingkup masyarakat, meski saat ini sudah memasuki tanggal 15 muharram. Seperti yang diselenggarakan warga Dusun Sumber Desa Sugihan, mereka memperingati tahun baru Muharram dengan mengadakan acara “Sumber Bersholawat” bersama Habib Hasyim Al-Jufri dari Rembang. Acara yang dipenuhi dengan hadirin itu digelar pada hari Minggu, 15 September 2019 pukul 19.00 dan bertempat di halaman masjid Baiturrohman Dusun Sumber.

Banyak tamu yang diundang malam itu, mulai dari Kepala Desa dan seluruh perangkat, sesepuh dari berbagai Dusun, tokoh agama dan masyarakat, Babinsa & Babinkamtibmas Desa Sugihan, para wali murid TPQ Al-Ikhlas Dusun Sumber baik dari warga Sugihan sendiri maupun dari Desa lain dan seluruh masyarakat Dusun Sumber.

Para hadirin yang datang disambut dengan alunan indah sholawat oleh hadzrah Jam’iyyah Sholawat Al-Falah (JSA) Jatirogo. Sebelum dimulai acara, terlebih dahulu dilakukan pembagian hadiah lomba-lomba agustusan yang diikuti oleh santriwan dan santriwati TPQ Al-Ikhlas Dusun Sumber.

Acara dibuka dengan bacaan surat al-fatihah dengan harapan acara dapat berjalan lancar dan penuh khidmah. Lantunan Qur’an surat Ar-Rahman beserta sari tilawah yang dibawakan oleh santriwati TPQ Al-Ikhlas menambah sejuknya acara malam itu. Acara kemudian dilanjutkan dengan pembacaan tahlil oleh Modin setempat yang sekaligus mendoakan 40 harinya Kyai Bangsa KH. Maimoen Zubair.

Dilanjutkan dengan sekapur sirih dari ketua panitia yang sangat mengucapkan terimakasih kepada seluruh pihak yang membantu mensukseskan acara “Sumber Bersholawat”, baik berupa tenaga, materi, maupun pikiran. Khususnya kepada Pemerintah Desa Sugihan, sawadaya masyarakat, ataupun dari sponsor tertentu. Harapannya semoga tahun depan acara seperti ini dapat kembali dilaksanakan dan tentunya dengan suasana yang lebih meriah.

Sesepuh Dusun Sumber juga memberikan sedikit wejangan kepada para hadirin, “ Jika ada kekurangan ibadah di tahun 1440 H semoga diampuni oleh Allah SWT, dan diberi kemampuan untuk memperbaiki hal yang kurang baik di tahun 1440 H”, pesan Yasin. Beliau juga berharap semoga segala kebaikan yang dilakukan di tahun sebelumnya dapat dipertahankan serta lebih ditingkatkan lagi.

Kepala Desa Sugihan diberikan kesempatan untuk memberikan sambutan malam itu, beliau mengapresiasi kegiatan yang dilaksanakan oleh warga Dusun Sumber serta mengaku kagum dengan perkembangan syiar islam di Dusun Sumber. Mulai dari didirikan TPQ Al-Ikhlas hingga didirikan masjid Baiturrohman. “semoga syiar islam di Dusun Sumber semakin pesat dan membawa dampak positif untuk masyarakat”, tutur Basuki.

Bapak Suhardi, selaku Babinkamtibmas tak lupa selalu memberikan pesan terkait ketertiban masyarakat kepada warga Dusun Sumber. Warga dihimbau untuk tetap waspada kepada anak-anak di bawah umur yang sudah diberi kebebasan menggunakan kendaraan bermotor. “Tetap jaga kerukunan, waspada HOAX agar tidak terjadi adu domba diantara kita semua”, paparnya.

Acara kemudian dilanjutkan dengan santunan anak yatim yang diiringi dengan alunan sholawat hadzrah JSA Jatirogo. Santunan tersebut dibagikan langsung oleh Ibu Kepala Desa Sugihan.

Acara sholawat bersama dan mauidhoh hasanah dari Habib Hasyim Al-Jufri menjadi puncak acara dan sangat dinanti oleh para hadirin. Habib Hasyim berpesan semoga warga Dusun Sumber termasuk warga yang peduli terhadap masjid dan selalu ngurip-uripi masjid (membuat masjid Dusun Sumber selalu hidup). Harapannya semoga dengan bersholawat bersama, kita semua kelak diakui sebagai umat Nabi Muhammad SAW dan mendapatkan pertolongan serta syafaat beliau di hari kiamat nanti (ink/sgh).

 



image
Gambar Tambahan 1 Lihat Gambar
Kategori

Bagikan :

comments powered by Disqus