11 Agustus 2019 14:31:42
Ditulis oleh Sekdes Sugihan

Dokter Hewan Cek Kesehatan Hewan Kurban di Desa Sugihan

sugihan-jatirogo.desa.id – Hari Raya Idul Adha atau yang lebih dikenal dengan hari raya qurban jatuh pada hari ini yaitu Minggu 11 Agustus 2018. Dinas Perikanan dan Peternakan Kabupaten Tuban menerjunkan sejumlah dokter hewan beserta crew nya untuk melakukan pemeriksaan hewan kurban pasca pemotongan. Pemeriksaan ini bertujuan untuk memastikan bahwa hewan kurban tersebut aman dikonsumsi untuk masyarakat.

Inspeksi atau pemeriksaan ini dilakukan di seluruh daerah yang menyembelih hewan qurban, baik di masjid besar, musholla, ataupun rumah warga. Dokter hewan yang ditugaskan disini adalah Drh. Katik Endah beserta beberapa crew yang disebar ke seluruh lokasi. Pemeriksaan pasca hewan disembelih ini disebut pemeriksaan post mortem. Pemeriksaan ini fokus pada organ dalam (jeroan) hewan qurban, mulai dari hati, paru-paru, limpa, ginjal, dan jantung.

“Hati yang sehat itu besarnya normal, tepian organ tidak ada pembengkakan, dan dipastikan tidak ada cacing hati yang terlihat apabila dilakukan sayatan”, jelas Drh. Katik Endah. Kemudian dilanjutkan dengan memeriksa organ dalam lainnya untuk dipastikan bahwa hewan tersebut tidak terkena penyakit.

Berdasarkan literature, berikut adalah cuplikan pengetahuan singkat pemeriksaan post mortem pada hewan (Soedarto, 2003):

  • Paru-paru : paru-paru yang sehat berwarna pink, jika terdapat benjolan pada paru-paru patut diwaspadai hewan mengidap tuberculosis (TBC).
  • Jantung : ujungnya terkesan agak lancip, bagian luarnya mulus, dan tak ada bercak pendarahan
  • Hati : warna merah agak gelap, bagian tepinya cenderung tajam, dan kelainan yang sering adalah adanya cacing pita.
  • Limpa : ukurannya lebih kecil dari hati, dipastikan tidak membengkak, karena jika bengkak terdapat penyakit anthrax.
  • Ginjal : bentuknya lurus dan relatif simetris, adanya benjolan dan bercak pendarahan atau pembengkakan merupakan kelaianan pada ginjal

kkkkk

(Pemeriksaan Hewan Kurban di Masjid Baitul Atiq (LDII) Sugihan)

(Pemeriksaan Hewan Kurban di Masjid Ranim Muhammadiyah Desa Sugihan)

(Pemeriksaan Hewan Kurban di Masjid Baitus Salam Desa Sugihan)

 Hasil Dari hasil pemeriksaan hewan qurban tersebut dapat dipastikan bahwa daging dari hewan pemotongan qurban yang ada di Desa Sugihan layak untuk dikonsumsi dan tidak menderita suatu penyakit. Hasil tersebut kemudian dicatat untuk nantinya dilaporkan kepada Dinas Perikanan dan Peternakan Kabupaten Tuban (ink/sgh).

Daftar Pustaka :

Soedarto. 2003. Zoonosisi Kedokteran. Airlangga Press : Surabaya.

 



image
Gambar Tambahan 1 Lihat Gambar
image
Gambar Tambahan 2 Lihat Gambar
Kategori

Bagikan :

comments powered by Disqus