24 Juli 2019 08:20:17
Ditulis oleh Sekdes Sugihan

Perpisahan Mahasiswa KKN UNAIR dan Peresmian Taman Airlangga

Sugihan-jatirogo.desa.id – Hampir satu bulan mahasiswa Universitas Airlangga melaksanakan KKN dengan tema Belajar Bersama Masyarakat (BBM) di Desa Sugihan. Berbagai kegiatan telah dilaksanakan, mulai kegiatan Posyandu, kelas ibu hamil,  kegiatan di Sekolah Dasar, hingga menilik aktifitas UMKM warga Desa Sugihan.

Pada hari Selasa (23/07/2019) mahasiswa KKN melaksanakan ceremonial perpisahan dengan Perangkat Desa Sugihan sekaligus peresmian Taman karya Mahasiswa KKN. Taman tersebut merupakan taman yang dibuat oleh Mahasiswa KKN dengan memanfaatkan lahan gersang di sekitar Balai Desa Sugihan.

Acara perpisahan tersebut dibuka oleh MC dari mahasiswa KKN dan dilanjutkan dengan sambutan dari ketua KKN, M. Afrizal Radani.  Sebagai perwakilan dari seluruh mahasiswa KKN di Desa Sugihan, Rizal meminta maaf karena masih banyak kekurangan selama KKN berlangsung dan berterimakasih karena telah diterima baik di Desa Sugihan.

Acara selanjutnya yakni sambutan oleh Kepala Desa Sugihan, dalam sambutannya Bapak Kades memberikan sedikit pesan moral untuk mahasiswa KKN, yaitu bahwa kedatangan mahasiswa di Desa Sugihan ini tak lain adalah sebagai bentuk pembelajaran diri sendiri dalam bersosialisasi dengan masyarakat. Bapak Suharto juga mengucapkan terimakasih kepada seluruh mahasiswa KKN atas segala ilmu yang dibagikan di Desa Sugihan. “Mohon maaf, pihak Desa Sugihan belum dapat memberikan fasilitas yang maksimal,” tambah Bapak Suharto.

Ada beberapa kesan yang disampaikan oleh Mahasiswa KKN selama di Desa Sugihan salah satunya adalah tentang masyarakat desa yang sangat ramah dan mungkin sangat berbanding terbalik dengan yang biasa mereka temui di perkotaan. Acara selanjutnya yaitu pembacaan puisi perpisahan yang dibawakan oleh Dwi Ayu Nur Azizah, dan dilanjutkan dengan pemutaran video profile Desa Sugihan karya Mahasiswa KKN UNAIR.

Sebagai bentuk kenang-kenangan mahasiswa KKN juga memberikan sebuah plakat untuk Desa Sugihan yang diterimakan langsung kepada Kepala Desa Sugihan oleh Ketua KKN. Memasuki acara terakhir yakni pemotongan pita peresmian Taman karya Mahasiswa KKN UNAIR sebagai persembahan untuk Desa Sugihan. Dengan bermodal kreatifitas mereka mengubah lahan gersang di area Balai Desa Sugihan menjadi taman kecil yang mereka namai “Taman Airlangga”. Acara kemudian ditutup dengan pembacaan doa yang dipimpin oleh modin Desa Sugihan dan dilanjutkan dengan pemotongan tumpeng (ink/sgh).



image
Gambar Tambahan 1 Lihat Gambar
Kategori

Bagikan :

comments powered by Disqus