Artikel

Diskominfo Tuban Gelar V-Con Sosialisasi Persiapan Penerapan Aplikasi SEPASI-TTE

13 Juli 2020 13:08:18  Sekdes Sugihan  245 Kali Dibaca  Berita Desa

sugihan-jatirogo.desa.id – Dengan menggunakan aplikasi zoom meeting Diskominfo Kabupaten Tuban menggelar rapat virtual dengan Camat dan seluruh Kepala Desa serta Sekretaris Desa Se kecamatan Jatirogo. Rapat dimulai pukul 09.00 dengan tema Sosialisasi Persiapan Penerapan Aplikasi SEPASI-TTE.

Aplikasi SEPASI-TTE merupakan sebuah aplikasi untuk kirim surat secara online dengan menggunakan tanda tangan elektronik. Aplikasi ini dapat digunakan tak terbatas waktu, dan dapat dijadikan arsip secara online.

Pertama Drs. Moh. Nawawi, MM membuka acara dengan mengucapkan terimakasih atas partisipasi Bapak Ibu Kepala Desa serta Sekretaris Desa untuk bergabung dalam zoom meeting kali ini. Beliau berharap kepada Bapak dan Ibu Kepala Desa untuk dapat menindaklanjuti aplikasi SEPASI-TTE dan memohon kerjasama serta dukungan untuk penerapan Aplikasi ini. Karena TTE atau Tanda Tangan Elektronik sangat bermanfaat untuk kita semua di era digital seperti saat ini. “Tetap jaga komunikasi untuk mengatasi kendala-kendala yang mungkin terjadi dalam penerapan SEPASI-TTE”, pungkas Camat Jatirogo.

Materi dilanjutkan oleh Agus Heru Purnomo, SP. Kabid Pemberdayaan dan Pengembangan TIK Tuban, Beliau menyampaikan pendaftaran TTE atau tanda tangan digital ini melalui BSSN (Badan Siber dan Sandi Negara) Pusat. Pendaftaran ini rencana akan dilaksanakan secara kolektif di Kecamatan Jatirogo. Tanda tangan elektronik ini bersifat pribadi serta ada pin atau passwordnya. Menurut beliau, admin desa yang nantinya akan banyak berperan dalam penggunaan aplikasi SEPASI-TTE tersebut.

Kemudian penjelasan untuk Alur dan teknis SEPASI Desa disampaikan oleh Debby Virgiawan EP, S. Kom Staff Diskominfo Kabupaten Tuban. Beliau mengingatkan langkah pertama untuk menggunakan aplikasi ini adalah dengan mengunduh aplikasi SEPASI TTE pada playstore di masing-masing smartphone android. Alur atau prosedur penggunaan SEPASI Desa yang dijelaskan secara rinci oleh Staff Diskominfo tertera pada gambar di bawah.

Kelebihan menggunakan tanda tangan elektronik ini antara lain : tidak perlu menggunakan tanda tangan basah, tidak perlu menggunakan stempel , dan tidak perlu menggunakan materai. Kemudian dijelaskan pula oleh Staff Diskominfo Hendra Irawan syarat-syarat untuk pendaftaran SEPASI-TTE ini, yang mana setiap desa harus mengirimkan scan KTP Elektronik Kepala Desa, surat rekom dari Camat, dan menyertakan email desa (ink/sgh).

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
Isi Pesan
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 


Aparatur Desa

Back Next

Profil Desa Sugihan

Agenda

Statistik Penduduk

Info Media Sosial

Lokasi Kantor Desa


Alamat : Jl. Raya Timur No. 116 Sugihan
Desa : Sugihan
Kecamatan : Jatirogo
Kabupaten : Tuban
Kodepos : 62362
Telepon :
Email : sugihanjatirogo1@gmail.com

Statistik Pengunjung

  • Hari ini:436
    Kemarin:500
    Total Pengunjung:272.099
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:3.238.190.82
    Browser:Tidak ditemukan

Arsip Artikel