Artikel

Mengenal Perbedaan ODP, PDP, dan Suspect Dalam Virus Corona

01 April 2020 13:35:40  Sekdes Sugihan  917 Kali Dibaca  Berita Desa

sugihan-jatirogo.desa.id – Bagi orang awam, istilah-istilah yang terkait virus corona sangatlah kurang dimengerti dan terkadang menimbulkan kesalah-fahaman. Seperti beberapa kasus yang terjadi, beberapa menyangka bahwa ODP (Orang Dalam Pantauan) merupakan orang yang sudah positif terjangkit virus corona. Padahal ODP memiliki arti istilah lain dan belum tentu orang tersebut positif terjangkit virus corona.

Sebagai warga dan netizen yang baik, yuk kenali beberapa istilah dalam virus corona.

  • ODP

merupakan singkatan dari Orang Dalam Pemantauan. ODP adalah semua orang yang datang/ sempat bepergian ke daerah lain yang merupakan daerah terjangkit wabah atau zona merah virus corona. ODP belum menunjukkan gejala sakit.

  • PDP

Merupakan singkatan dari Pasien Dalam Pengawasan. Orang yang masuk kategori PDP adalah orang yang sudah dirawat oleh tenaga kesehatan (menjadi pasien) dan menunjukkan gejala sakit seperti demam, batuk, pilek, dan sesak nafas.

  • Suspect Virus Corona

Merupakan PDP yang diduga kuat telah melakukan kontak dekat dengan pasien positif virus corona. Suspect akan menjalani observasi untuk menentukan apakah hasilnya positif atau negative.

  • Positif Virus Corona

Merupakan pasien yang telah dikonfirmasi melalui beberapa tes dan menunjukkan positif terjangkit virus corona dan harus menjalani perawatan atau isolasi secara intensif.

Semoga bermanfaat, dan kita semua tidak salah kaprah lagi dalam mengartikan beberapa istilah terkait virus corona (ink/sgh).

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 


Aparatur Desa

Back Next

Profil Desa Sugihan

Agenda

Statistik Penduduk

Info Media Sosial

Lokasi Kantor Desa


Alamat : Jl. Raya Timur No. 116 Sugihan
Desa : Sugihan
Kecamatan : Jatirogo
Kabupaten : Tuban
Kodepos : 62362
Telepon :
Email : sugihanjatirogo1@gmail.com

Statistik Pengunjung

  • Hari ini:971
    Kemarin:1.159
    Total Pengunjung:936.704
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:18.232.31.206
    Browser:Tidak ditemukan