Artikel

Mahasiswa Universitas Airlangga Surabaya Kembali Kunjungi Desa Sugihan Untuk KKN

07 Januari 2020 10:01:09  Sekdes Sugihan  468 Kali Dibaca  Berita Desa

sugihan-jatirogo.desa.id – Setelah sekitar bulan juni 2019 mahasiswa Universitas Airlangga Surabaya melakukan Kuliah Kerja Nyata (KKN) di Desa Sugihan, kali ini Bulan Januari 2020 Desa Sugihan kembali dikunjungi oleh mahasiswa KKN Universitas Airlangga.

Kegiatan Kuliah Kerja Nyata Belajar Bersama Masyarakat (KKN-BBM) ini merupakan salah satu kegiatan rutin yang telah diprogramkan untuk seluruh fakultas di Universitas Airlangga. Tujuannya adalah untuk membentuk pengembangan keterampilan yang dimiliki oleh mahasiswa lalu diimplementasikan di tengah lingkungan masyarakat. Kegiatan ini berupa program-program yang tujuannya dapat mengasah soft skill mahasiswa dengan terjun ke lapangan langsung.

KKN Universitas Airlangga ini merupakan implementasi dari salah satu Tri Dharma Perguruan Tinggi yaitu pengabdian pada masyarakat. Setelah melakukan beberapa survey di Desa Sugihan, kemudian mahasiswa KKN menyampaikan program kerja yang akan dilaksanakan kepada pihak Pemerintah Desa Sugihan. Program kerja tersebut antara lain :

Bidang kesehatan

- Mensosialisasikan dan mendemonstrasikan pentingnya imunisasi dan ASI eksklusif, gizi dan stunting dengan bekerjasama dengan puskesmas dan posyandu setempat. (Posyandu Balita)

- Memberikan penyuluhan tentang pernikahan dini dan pentingnya kesehatan reproduksi remaja baik laki-laki maupun perempuan. (Posyandu Remaja)

Bidang Pendidikan

- Melakukan kegiatan belajar mengajar interaktif dengan memberikan puzzle dan peta. Mekanisme pelaksanaannya adalah dengan membentuk kelompok. Serta memberikan bimbingan belajar (les) diluar jam kelas.

Bidang Keterampilan

- Meningkatkan kreativitas siswa Sekolah Dasar dengan melakukan kegiatan kerajinan membuat gantungan kunci dengan bahan benang wol serta membentuk kelompok.

- Melatih kreativitas siswa Sekolah Dasar dengan membentuk kelompok yang terdiri dari 4 orang untuk kegiatan kerajinan membuat celengan dari stik ice cream.

-  Memberikan wawasan kepada PKK Desa Sugihan terkait pembuatan kerajinan dari koran bekas menjadi hiasan rumah bermanfaat seperti kotak tissue

Bidang lingkungan dan sosial

- Membuat peternakan lele di pekarangan rumah dan memberikan penyuluhan mengenai pengolahan ikan lele.

Harapannya, semoga seluruh program kegiatan yang akan dilaksanakan Mahasiswa KKN Universitas Airlangga berjalan dengan lancar dan bermanfaat untuk warga Desa Sugihan (ink/sgh)

 

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 


Aparatur Desa

Back Next

Profil Desa Sugihan

Agenda

Statistik Penduduk

Info Media Sosial

Lokasi Kantor Desa


Alamat : Jl. Raya Timur No. 116 Sugihan
Desa : Sugihan
Kecamatan : Jatirogo
Kabupaten : Tuban
Kodepos : 62362
Telepon :
Email : sugihanjatirogo1@gmail.com

Statistik Pengunjung

  • Hari ini:358
    Kemarin:831
    Total Pengunjung:605.546
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:3.235.228.219
    Browser:Tidak ditemukan