Artikel

Desa Sugihan Ikuti Lokakarya Mini Lintas Sektor Puskesmas Jatirogo

12 September 2019 10:54:44  Sekdes Sugihan  478 Kali Dibaca  Berita Desa

sugihan-jatirogo.desa.id - Lokakarya Mini merupakan suatu bentuk forum pertemuan yang diselenggarakan oleh Puskesmas Jatirogo untuk meningkatkan fungsi Puskesmas melalui kerja sama lintas sektor agar kegiatan Puskesmas dapat terlaksana sesuai perencanaan.

Pertemuan lokakarya mini ini dihadiri oleh Kepala Desa, Ketua TP PKK Desa, Kader Desa, Bidan Desa, perwakilan tokoh agama, tokoh masyarakat yang tergabung dalam naungan Puskesmas Jatirogo. Acara yang digelar pada hari Kamis, 12 September 2019 ini bertempat di aula Puskesmas Jatirogo.

Inti dari pertemuan ini adalah memaparkan tentang kebijakan program imunisasi 2019. Materi ini disampaikan oleh Sri Puji Rahayu, Amd. Keb. Pada kesempatan ini pemateri menyampaikan manfaat imunisasi yang sangat penting untuk mencegah wabah penyakit, cacat, dan kematian bayi. Hal ini benar adanya karena terbukti 194 negara sampai sekarang gencar melakukan program imunisasi. Imunisasi selain dapat mencegah penyakit bagi diri sendiri juga dapat melindungi orang disekitarnya.

Berikut disampaikan Mengapa sangat penting dilakukan imunisasi :

  • Proteksi spesifik individu yang diimunisasi : s­etiap orang yang mendapat imunisasi akan membentuk antibody (kekebalan tubuh) yang spesifik terhadap penyakit tertentu
  • Membentuk kekebalan kelompok masyarakat : jumlah orang yang diimunisasi jika mencapai 95% dpt melindungi kelompok masyarakat lain yg rentan
  • Proteksi lintas kelompok : pemberian imunisasi pada kelompok usia tertentu (anak) dapat membatasi penularan kepada kelompok usia dewasa/orangtua

Dampak imunisasi ini memang sangat penting, selain untuk perbaikan harapan hidup anak, dapat pula menurunkan angka kematian pada anak yang disebabkan karena penyakit menular. Saat ini, di Indonesia tertulis bahwa adanya imunisasi mampu menekan angka kematian anak 2/3 dibandingkan tahun 1990 dan secara kumulatif dapat menekan angka kematian sebanyak 5 juta kematian.

Inti konsep dari pentingnya imunisasi ini adalah, bahwa setiap orang yang telah diimunisasi merupakan bentuk berkurangnya kemungkinan penularan penyakit dari 1 individu ke individu lain.

Dengan adanya acara ini harapannya pihak Pemerintah Desa yang dibantu oleh Ketua TP. PKK Desa, kader, bidan desa maupun tokoh masyarakat dan agama dapat membantu menggencarkan imunisasi kepada masyarakat mengingat fungsi dan manfaat imunisasi sangatlah penting (ink/sgh).

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 


Aparatur Desa

Back Next

Profil Desa Sugihan

Agenda

Statistik Penduduk

Info Media Sosial

Lokasi Kantor Desa


Alamat : Jl. Raya Timur No. 116 Sugihan
Desa : Sugihan
Kecamatan : Jatirogo
Kabupaten : Tuban
Kodepos : 62362
Telepon :
Email : sugihanjatirogo1@gmail.com

Statistik Pengunjung

  • Hari ini:1.715
    Kemarin:1.912
    Total Pengunjung:673.959
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:3.235.140.84
    Browser:Tidak ditemukan