Artikel

Sukses Membangun Usaha, Peserta KPM PKH Sugihan Mengundurkan Diri

08 April 2019 10:27:46  Admin  1.102 Kali Dibaca  Berita Desa

sugihan-jatirogo.desa.id – Pasca Pendamping PKH Desa Sugihan sukses memberikan wawasan kepada para penerima manfaat Program Keluarga Harapan (PKH) tentang 8 orang penerima PKH melakukan graduasi mandiri. Pada tanggal 7 April 2019, satu lagi warga Desa Sugihan penerima manfaat PKH melakukan graduasi mandiri, dan ini dilakukan atas kesadaran diri sendiri tanpa ada paksaan dari manapun.

Tri Yanti, warga Desa Sugihan merupakan penerima manfaat PKH yang menyatakan berhenti dari peserta bantuan pemerintah karena merasa telah mandiri secara ekonomi. Warga Dusun Krajan ini mengisahkan bahwa dulu memang benar-benar tidak mampu akhirnya dengan sangat terpaksa menerima program PKH, “dahulu pekerjaan masih belum lancar, berganti-ganti pekerjaan dari buruh di pedagang sepatu, jualan sosis, jualan dawet, pokoknya masih mencoba-coba usaha yang cocok” cerita Tri Yanti. Usaha demi usaha dilakukan demi mencukupi kebutuhan sehari-hari, dari sekian banyak usaha yang dilakukan akhirnya ibu satu anak ini berhasil pada usaha jualan kelapa hingga bisa sukses seperti sekarang. Dari usaha ini, awalnya hanya mampu menjual sekitar 25-30 buah per hari, lambat laun usahanya semakin berkembang dan bahkan sudah memiliki reseller (orang menjual kembali produk dari pihak supplier kepada konsumen). Setiap hari diambil oleh penjual-penjual sayur keliling untuk dipasarkan, dan saat ini Tri Yanti mampu menjual sekitar 150 buah kelapa per hari. Usaha jual kelapa semakin hari semakin lancar dan Ibu yanti bisa menyisihkan sebagian rezekinya untuk mendaftarkan diri pergi haji. Alhamdulillah ...

Cerita ini sengaja penulis sebarkan, besar harapan kami agar para penerima manfaat PKH yang sampai saat ini masih menerima bantuan bisa mengikuti jejak sukses ini. Siapapun bisa sukses asal sungguh-sungguh, dilandasi dengan pantang menyerah, tekun, semangat berubah dan rajin berdoa. Tri Yanti, mengaku tidak memperdulikan omongan rekan-rekan penerima PKH lainnya, beberapa ada yang bilang, “untuk apa mengundurkan diri, toh uang negara”. Mindset (pola pikir) yang salah kaprah dari rekannya itu ditepis dan tidak mengurungkan niat tri yanti untuk mengundurkan diri.

“Sebenarnya dia sudah mau keluar bulan lalu, tapi dipengaruhi temannya, akhirnya tadi pagi saya tawari lagi dan dengan legowo mau mengundurkan diri’ tutur Setiyaningsih selaku pendamping PKH Desa Sugihan. Selain alasan tri yanti yang sudah mandiri secara ekonomi, dia juga berharap agar bantuan PKH yang dulu didapatnya bisa dialihkan kepada orang yang lebih membutuhkan.

Pemdes Sugihan sangat mengapresiasi kepada setiap warga penerima bantuan yang dengan legowo mau graduasi mandiri dan berharap semoga akan terus bertambah generasi-generasi yang mampu graduasi mandiri. Ucapan terimakasih pula lagi-lagi tidak lupa disampaikan kepada Pendamping PKH karena atas bantuan dan motivasinya beberapa peserta PKH mengundurkan diri. Semoga sedikit cerita Tri Yanti ini dapat memotivasi banyak orang, bahwa kaya itu tidak harus punya mobil, punya punya rumah mewah, tetapi kaya itu bisa mencukupi kebutuhan sehari-hari dan tidak hanya bermental mengandalkan bantuan dari pemerintah (ink/sgh).

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 


Aparatur Desa

Back Next

Profil Desa Sugihan

Agenda

Statistik Penduduk

Info Media Sosial

Lokasi Kantor Desa


Alamat : Jl. Raya Timur No. 116 Sugihan
Desa : Sugihan
Kecamatan : Jatirogo
Kabupaten : Tuban
Kodepos : 62362
Telepon :
Email : sugihanjatirogo1@gmail.com

Statistik Pengunjung

  • Hari ini:467
    Kemarin:728
    Total Pengunjung:1.351.977
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:44.210.120.182
    Browser:Tidak ditemukan

Arsip Artikel

29 Juli 2013 | 116.872 Kali
Kontak Kami
26 Agustus 2016 | 115.297 Kali
Sejarah Desa
26 Agustus 2016 | 114.470 Kali
Wilayah Desa
29 Juli 2013 | 114.457 Kali
Profil Desa
24 Agustus 2016 | 114.356 Kali
Pemerintah Desa
30 April 2014 | 114.345 Kali
Kesehatan
30 April 2014 | 114.282 Kali
Gapoktan