Artikel

Panitia Pilkades Gelar Sosialisasi Teknis Pelaksanaan Pilkades Sugihan

20 Maret 2019 22:46:31  Sekdes Sugihan  517 Kali Dibaca  Berita Desa

sugihan-jatirogo.desa.id – Bertempat di Pendopo Balai Desa Sugihan, pada hari selasa (19/03/2019) panitia Pilkades Sugihan melaksanakan sosialisasi lanjutan mengenai pendaftaran pilkades dan teknis pelaksanaan pilkades. Sosialisasi ini dihadiri oleh Kepala Desa Sugihan dan seluruh perangkat desa sugihan, Bapak Camat Jatirogo, Kasipem Kecamatan Jatirogo, Ndanramil Jatirogo, Babinsa dan Babinkamtibmas Desa Sugihan, Ketua BPD beserta anggota, LPMD, PKK, Karang Taruna, Linmas, ketua RT dan RW, serta tokoh masyarakat dan tokoh agama setempat.

Setelah acara dibuka dan menyanyikan lagu Indonesia Raya, acara dilanjutkan dengan sambutan-sambutan. Sambutan Pertama disampaikan oleh Bapak Kepala Desa Sugihan, di dalam sambutannya Bapak Suharto menghimbau kepada seluruh warga untuk tetap menjaga kondusifitas dan mengedepankan persaudaraan menjelang Pilkades ini.

Sambutan selanjutnya oleh Bapak Camat Jatirogo,  pesan pak Camat dalam sambutannya yaitu agar seluruh warga Desa Sugihan selalu mengedepankan kebersamaan, persatuan, kesatuan, dan selalu guyub rukun. “Kendalikan diri, jangan sampai ujaran kebencian dan fitnah menjalar di Desa Sugihan,”, tutur Bapak Drs. Moh. Nawawi, MM ini. Bapak Camat Jatirogo juga mengingatkan bahwa Pilkades kali ini berbeda dengan Pilkades sebelumnya, untuk Pilkades ini ada tambahan ketentuan tentang Pakta Integritas. Pakta integritas ini merupakan suatu bentuk kepedulian calon Kepala Desa dalam pengentasan kemiskinan warga. Pakta integritas ini berisi tentang pengalokasian tanah kas desa (bengkok) Kepala Desa untuk kemiskinan, dan penganggaran dana untuk menanggulangi kemiskinan yang nantinya dituangkan dalam APBDes. Tak lupa Bapak Camat juga berpesan untuk Panitia Pilkades, bahwa nahkoda keberhasilan Pilkades ini adalah di panitia, hitam putih juga ada di tangan panitia, sehingga panitia Pilkades harus cermat, adil, dan tidak membedakan satu sama lain.

Kemudian dilanjutkan dengan acara inti, yaitu sosialisasi teknis pelaksanaan Pilkades oleh ketua panitia Pilkades. Pada sosialisasi ini, ketua panitia menyampaikan beberapa hal, antara lain :

  1. Persyaratan Calon Kepala Desa (bisa dibuka di artikel sebelumnya)
  2. Jadwal Pendaftaran Pilkades,

Pendaftaran Pilkades ini dibuka mulai tanggal 26 Maret dan ditutup tanggal 8 April (total 9 hari kerja)

  1. Jadwal pelaksanaan Pilkades (bisa dibuka di artikel sebelumnya)
  2. Tanda gambar dan undian nomer urut
  3. Kampanye dan Larangan-larangannya
  4. Tata Tertib Kampanye
  5. Masa Tenang Pilkades
  6. Detail teknis pemungutan suara
  7. Penjelasan tentang Saksi
  8. Penetapan Kepala Desa terpilih terkait perhitungan suara
  9. Simulasi jika terjadi draw

TPS Desa Sugihan nantinya akan terbagi menjadi 3 TPS, TPS 1 terletak di Gedung Serbaguna Dusun Purwosari, TPS 2 di Dusun Krajan, dan TPS 3 di Dusun Lumutan. Tersebut adalah beberapa materi sosialisasi yang disampaikan oleh ketua panitia Pilkades. Acara kemudian dilanjutkan dengan tanya jawab dan diakhiri dengan doa (ink/sgh).

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 


Aparatur Desa

Back Next

Profil Desa Sugihan

Agenda

Statistik Penduduk

Info Media Sosial

Lokasi Kantor Desa


Alamat : Jl. Raya Timur No. 116 Sugihan
Desa : Sugihan
Kecamatan : Jatirogo
Kabupaten : Tuban
Kodepos : 62362
Telepon :
Email : sugihanjatirogo1@gmail.com

Statistik Pengunjung

  • Hari ini:1.744
    Kemarin:1.912
    Total Pengunjung:673.988
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:3.235.140.84
    Browser:Tidak ditemukan