Artikel

Pemdes Sugihan Libatkan Ketua RT RW Dalam Validasi Data BDT

03 Desember 2019 21:31:24  Admin  1.103 Kali Dibaca  Berita Desa

sugihan-jatirogo.desa.id – Basis Data Terpadu (BDT) merupakan sebuah sistem yang digunakan Pemerintah Pusat untuk merencanaan program dan mengidentifikasi nama serta alamat calon penerima bantuan sosial, baik rumah tangga, keluarga maupun individu berdasarkan kriteria-kriteria sosial-ekonomi.

BDT berisi informasi sosial-ekonomi dan demografi dari sekitar 40% penduduk di Indonesia yang paling rendah status kesejahteraannya. Selain digunakan untuk melakukan analisis atau perencanaan program penanggulangan kemiskinan Pemeritah Pusat, data ini ini juga digunakan untuk menetapkan sasaran penerima manfaat program-program perlindungan sosial.

Dinas Sosial Kabupaten Tuban memberikan kesempatan kepada setiap Pemerintah Desa untuk melakukan update ataupun validasi data BDT 2 kali dalam setahun. Update ini bisa hanya perbaikan data BDT ataupun pengusulan baru BDT. Perbaikan disini dimaksudkan jika mungkin ada perubahan aset, pekerjaan, ataupun tambahan anggota keluarga baru dalam satu keluarga (KK).

Pada hari Senin (02/12) Pemerintah Desa Sugihan menggelar Musyawarah Desa untuk validasi BDT. Hadirin yang diundang pada malam hari ini adalah seluruh ketua RT/RW serta ketua BPD dan anggota.

Maksud diundangnya seluruh RT/RW pada Musyawarah Desa ini adalah untuk bersama-sama melakukan perbaikan data atau pengusulan baru BDT. Pemerintah Desa Sugihan melibatkan Ketua RT/RW karena dirasa mereka lebih mengetahui bagaimana keadaan sehari-hari warga sekitar, mulai dari rumah, anggota keluarga maupun segala asset yang dimiliki.

Pada Musyawarah Desa yang bertempat di Pendopo Balai Desa Sugihan ini, seluruh ketua RT/RW diberikan sosialisasi terkait cara pengisian form BDT. Setiap Ketua RT diberikan beberapa form kosong untuk pengisian BDT dan diberikan list nama-nama warganya yang sudah masuk BDT. Ketua RT wajib meng-update data warga yang sudah masuk BDT ataupun mengusulkan baru bagi warganya yang tidak mampu dan belum masuk dalam BDT. 

Form data BDT ini berisi Keterangan sosial ekonomi anggota rumah tangga yang meliputi nama, jenis kelamin, tanggal lahir, umur, kecacatan atau penyakit menahun yang mungkin dimiliki, status perkawinan, pendidikan, serta kegiatan ekonomi (pekerjaan) anggota rumah tangga. Selain itu berisi pula status kesejahteraan berdasarkan berbagai variabel meliputi keterangan rumah tangga, kepemilikan aset, dan lain-lainnya.

Pemerintah Desa memberikan waktu kurang lebih 1 minggu kepada setiap Ketua RT untuk mengumpulkan seluruh data tersebut. Data yang telah dihimpun tersebut nantinya akan diinput pada aplikasi SIKS-NG (System Informasi Kesejahteraan Sosial - Next Generation) oleh operator. Setelah semua diinput lalu operator akan mengirimkan data kepada pihak Dinas Sosial Kabupaten Tuban. Sementara, tugas Pemerintah Desa hanya sampai disini, tidak dapat memutuskan secara pribadi karena verifikasi akhir tetap pada keputusan Kementrian Sosial Republik Indonesia.

Harapannya dengan adanya sinergi Pemerintah Desa dengan seluruh RT/RW data BDT Desa Sugihan benar-benar sesuai dengan kenyataan di lapangan. Selain itu Pemdes Sugihan juga berharap segala bantuan apapun dari Pemerintah Pusat nantinya tepat sasaran. Untuk mewujudkan itu langkah awal yang harus dilakukan adalah update atau perbaikan data BDT. 

Musyawarah malam itu berjalan lancar dan aktif, semua ketua RT/RW tampak antusias dalam update BDT ini. Karena bagaimanapun masalah penanganan dan penganggulangan kemiskinan di Desa Sugihan adalah tanggung jawab bersama Pemerintah Desa beserta seluruh warga Desa Sugihan (ink/sgh).

Referensi : Kementrian Sosial Republik Indonesia

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 


Aparatur Desa

Back Next

Profil Desa Sugihan

Agenda

Statistik Penduduk

Info Media Sosial

Lokasi Kantor Desa


Alamat : Jl. Raya Timur No. 116 Sugihan
Desa : Sugihan
Kecamatan : Jatirogo
Kabupaten : Tuban
Kodepos : 62362
Telepon :
Email : sugihanjatirogo1@gmail.com

Statistik Pengunjung

  • Hari ini:698
    Kemarin:728
    Total Pengunjung:1.352.208
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:3.81.139.99
    Browser:Tidak ditemukan

Arsip Artikel

29 Juli 2013 | 116.873 Kali
Kontak Kami
26 Agustus 2016 | 115.298 Kali
Sejarah Desa
26 Agustus 2016 | 114.471 Kali
Wilayah Desa
29 Juli 2013 | 114.457 Kali
Profil Desa
24 Agustus 2016 | 114.356 Kali
Pemerintah Desa
30 April 2014 | 114.346 Kali
Kesehatan
30 April 2014 | 114.283 Kali
Gapoktan